Masalah umum yang terjadi pada mobil diesel commonrail salah satunya adalah tersumbatnya injektor. Injektor di mesin diesel commonrail yang tersumbat dapat mengurangi performa mesin, bahkan bisa menyebabkan kerusakan mesin.
“Untuk itu bagi pengguna mobil diesel modern pastikan pakai bahan bakar solar kualitas bagus karena kandungan sulfur dan residu kotorannya lebih rendah,” ujar Adam GP, pengguna Ertiga Diesel yang akan berbagi tips tentang purging.
Memang kotoran yang terdapat di bahan bakar solar utamanya akan tersaring lebih dulu oleh filter solar. Namun penggunaan bahan bakar kualitas rendah secara terus menerus akan memperpendek interval penggantian filter solar daripada rekomendasi pabrikan.
“Pastikan juga mengganti filter solar secara rutin, kalau terlalu lama atau kotor daya saring filter sudah berkurang dan kotoran bisa lolos ke injektor. Lebih bagus lagi jika ditambahkan ekstra filter solar untuk daya saring yang lebih baik” lanjut Adam.
Untuk perawatannya sendiri Anda bisa gunakan produk cairan injector cleaner yang bisa dicampur di tangki bahan bakar. Selain itu cairan injector cleaner juga bisa diaplikasikan dengan metode purging untuk hasil yang lebih maksimal.
“Kalau purging itu dia kan seperti infus, disuntik langsung ke selang injektor jadi cairan bisa langsung membersihkan injektornya,” jelas Adam kepada reporter ErtigaDiesel.id.
Berikut alat/bahan yang dibutuhkan dan cara purging yang bisa dikerjakan sendiri.
Alat dan Bahan :
– botol plastik
– fuel pump (rotax)
– filter bensin Carry
– selang 5/16 transparan 1.5 meter
– modul speed controller
– kabel + capit buaya + isolasi
– klem² + kawat
– cairan purging
Caranya Purging sederhana :
1. Cabut selang IN (dari filter solar) dan OUT (return) di supply pump (bospom).
2. Sambungkan selang dari fuel pump / rotax alat purging menuju IN bospom.
3. OUT bospom (return) dipasang selang menuju ke botol lagi setelah lewat filter.
4. Tes sirkulasi dulu pake sedikit dex / solar biasa dimasukkan ke botol untuk memastikan tidak ada yg bocor.
4. Nyalakan rotax alat purging, atur kecepatan dengan speed controller.
5. Setelah pasti tidak ada yg bocor, matikan lagi, dan buang dex / solarnya.
6. Cabut sekring fuel pump tangki (20A), supaya BBM di tangki tidak terdorong ketika kontak di ON kan.
7. Masukkan cairan purging ke botol.
8. Nyalakan fuel pump/rotax dengan speed maksimal.
9. Nyalakan mesin.
10. Setelah mesin nyala, atur putaran rotax dengan speed controller agar aliran bbm di bagian return tidak terlalu deras.
11. Setelah cairan purging hampir habis (sisa hanya di leher selang antara botol dengan rotax), matikan mesin.
12. Proses selesai, kembalikan lagi semua seperti semula.
Setelah melakukan purging maka rasakan beda performa yang lebih enteng dan akselerasi yang lebih mantap. Namun untuk Ertiga Diesel yang bermesin commonrail disarankan tidak terlalu sering melakukan purging karena nozzle injector yang sangat kecil dikhawatirkan akan cepat terkikis dan tersumbat kotoran.
No Comments